Info Program Studi dan Konsentrasi

JURUSAN MAJEMEN(S1)

Jurusan mejemen –S1: dirancang untuk mencetak calon Manajer Profesional,Wirausahawan yang handal,dan ilmuan kompeten di bidang manajemen yang dibekali dengan landasan nilai-nilai kebangsaan.prodi ini menawarkan lima konsentrasi studi:

1.MANAJEMENSUMBER DAY MANUSIA

Konsentrasi ini mendidik mahasiswa untuk menguasai strategi pengelolaan sumber daya manusia (SDM).secara khusus,mahasisa belajar bagaimana memotivasi orang lain,mengembangkan SDM yang memiliki organisasi,serta pemahaman tentang perbedaan kultur dan pengaruhnya terhadap pengembangan SDM.

2.MENAJEMEN PEMASARAN

Kosentrasi ini mendidik mahasisa untuk menguasai strategi pemasaran baik untuk perusahaan manufakur maupun jasa,bahkan pemasaran untuk organisasi nirlaba. Secara khusu, pembelajaran ditekankan pada setrategi pemasaran yang beretika dlsm dunia bisnis.

3. MANAJEMEN KEUANGAN DAN PERBANKAN

    Konsentrasi ini mendidik mahasiswa untuk menguasai strategi manajemen investasi dan perbankan, pemilihan sumber sumber dana yang baikyang terkait dengan pasar modal maupun pasar uang. Secara khusus, mahasiswa akan mendalami ilmu manajemen resiko, strategi restruturisasi perusahaan, dan pengelolaan perbankan.

4. MANAJEMEN OPERASI DAN PRODUKSI

Konsentrasi ini mendidik mahasiswa untuk mengetahui strategi pengelolaan operasi dan produksi perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa. Dalam konsentrasi ini mahasiswa belajar bagaimana strategi dan manajemen kualitas produk. Design produk agar diterima oleh konsumen,nserta bagaimanan mengelolah persediaan dan menjaga suplay chain.

5. MANAJEMEN SISTEM  INFORMASI /INFORMATIKA

Konsentrasi ini mendidik mahasiswa untuk mengetahui dan mengusai pengelolaan sumber daya informasi, jaringan dan teknologi informasi, analisa dan sistem perancangan sistem informasi, pembuatan database manaejemen sistem serta menguasai bahasa pemprograman komputer.

 

JURUSAN AKUNTANSI

Jurusan akuntasi dirancang untuk menjadi akuntan profesional yang memiliki integritas moral dan personal yang tinggi, memiliki kemampun konseptual, memiliki kopetensi keilmuan, memiliki wawasaan bisnis yang luas, memiliki etika bisnis yang baik, maupun berkomunikasi dengan baik, dan mempunyai motivasi untuk melanjutkan kependidikan yang lebihtinggi tau berkarir secara mandiri, jurusan ini menawarkan empat kosentrasi.

1.      AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK

Konsentrasi ini mendidik mahasiswa untuk menguasai akuntansi sektor publik yang mengeloladana masyarakat sebagai dana yang dimiliki oleh masyarakat yang bukan individual yang biasanya dikelola oleh organisai-organisasi sektor publik, dan juga proyek-proyek kerja sama sektor publik dan swasta.

2.      AKUNTANSI PERPAJAKAN

Konsentrasi ini dapat mendidik mahasiswa dalam menentukan jumlah penghasilan kena pajak (penghasilan yang digunakan sebagai dasr penetapan beban dan pajak penghasilanyang terutang dan diperoleh atau diterima dalam pajak untuk dipakai sebagai dasar penetapan bebandan/atau pajak penghasilan yang terutang oleh perusahaan sebagai wajib pajak.maka dengan ini konsentrasi akuntansi pajak diharapkan dapat mendidik mahasiswa untuk belajar menetapkan besarnya pajak terutang, karena fungsi dan akuntansi pajak adalah mengolah data kuantitatif yang akan digunakan untuk menyajikan laporan keuangan yang memuat perhitungan perpajakan.

3.      AKUNTANSI SYARIAAH

Konsntrasi ini mendidik mahasiswa untuk mempelajari dan menerapkan sistem inakuntansi berbasis syariaahsesuai dengan aturan prinsip-prinsip ekonomi islam atas segala transajsi yang terjadi selama melakukan muamalah dengan cara melakukan pengukuran atas bebagai transaksi dan akibatnya yang dikelompokan dalam account, perkiraan atas pos keuangan seperti aktiva, uang,modal, hasil, biaya dan laba (dapat dilihat dalam alquran surat al-baqoroh :282)

4.      AKUNTANSI MANAJEMEN

Akuntansi ini mendidik mahasiswa untuk memepelajari akuntansi yang berkaitan dengan ketentuan dan menggunakan informasi akuntansi untuk manajer atau manajemen untuk suatu organisasiserta untuk memberikan dasar kepada manajemen dalam membuat keputusan bisnis yang memunkin manajemen lebih siap dalam pengelolaan dan melakukan fungsikontrol.